itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WebPage'>
=Hamimku

Rekomendasi Buku Ngeblog Dari Nol Cocok Untuk Blogger Pemula

14 komentar
Rekomendasi buku ngeblog dari nol cocok untuk blogger pemula

Hai Kawan Hamimku!
Sudah beraktivitas apa sajakah di sepekan bulan Januari 2022? Semoga makin produktif ya? Kali ini aku ingin meresensi sebuah buku yang bisa dijadikan panduan bagi blogger pemula.

Buat kawan Hamimku yang bingung mau mulai ngeblog darimana akan terbantu dengan membaca buku bersampul dominan putih ini. Isinya full daging dan sangat menjawab pertanyaan seputar ngeblog bagi pemula. Layak jadi salah satu koleksi perpustakaan pribadi kita.

Nah, rekomendasi buku ngeblog dari nol ini sangat cocok untuk blogger pemula yang bersungguh-sungguh. Kok harus ada syarat sungguh-sungguh?

Karena buku dari tiga blogger dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis ini tak hanya menyuguhkan teori. Jadi, setelah membaca bahkan sambil menuntaskan buku ini kawan Hamimku harus segera praktik. Seriusan!

Masih tak percaya? Oke yuks simak ulasanku tentang fakta-fakta di dalam buku ngeblog dari nol ini!

Tentang Rekomendasi Buku Ngeblog Dari Nol


Tak hanya sekali dua kali aku mendapati pertanyaan bertubi dari orang yang aku kenal ataupun tidak tentang blog. Sejujurnya, aku pun masih merasa cupu dalam dunia blogging.

Teringat setahun lalu aku merasakan hal yang sama dengan pertanyaan yang sering terlontar kepadaku, "Mbak, aku sudah punya blog tapi bingung buat mulai darimana?"

Ya, aku pernah berada di posisi itu. Bingung!

Alhasil, blog menggangur dan akhirnya menjadi goa penuh sarang laba-laba. Tak berhenti disitu, karena terlalu usang hingga aku lupa kapan terakhir membukanya.

Saat ingin memulai lagi buat membuka lembaran baru dunia perbloggingan. Rasanya sangat tertatih, apalagi aku tak punya teman blogger yang bisa aku repoti dengan menjawab pertanyaanku seputar ngeblog.

Namun berbekal semangat suka menulis, berbagi inspirasi seperti kawanku blogger asal Jember, dan ingin menjadi lebih bermanfaat lewat tulisan maka lahirlah hamimeha dotcom yang tumbuh dengan baik selama enam bulan terakhir. 

Kok bisa?

Karena belajar itu butuh panduan. Setidaknya bergabunglah dengan grup WA ngeblog dari nol
Ketahuilah, saat belajar kita butuh mentor untuk bertanya, minimal dalam bentuk teksbook. Iniah alasan kuat menjadikan buku ngeblog dari nol rekomendasi buat blogger pemula dari aku.

Aku merasa iri dengan hadirnya buku ini.
Kenapa iri?
Karena kenapa baru sekarang ada buku yang menjawab pertanyaan-pertanyaanku setahun yang lalu? Namun aku sadar, kehadiran buku besutan komunitas IIDN ini sangat berarti untukku. Khususnya untuk belajar membuat blog baru dari platform wordpress.

Terima kasih kepada tiga penulis yang melahirkan buku practicable ini. Sehingga membuatku berani mewujudkan mimpi untuk lahiran blog dari platform wordpress, hehehe. Dan aku tahu harus mulai darimana melalui panduan buku ngeblog dari nol.

Dari sekian judul buku tentang ngeblog yang pernah aku tahu, buku ngeblog dari nol ini cukup padat dan lengkap. Membacanya berasa ikut workshop ngeblog. Setelah dapat teori harus segera eksekusi! Eits, ada bonus blog planner lho! Agar makin konsisten ngeblognya!

Jadi, tak ada alasan untuk bermalas-malasan!

Identitas Buku Ngeblog Dari Nol

Buku ngeblog dari nol
Judul buku: Ngeblog dari Nol

Penulis: Komunitas IIDN

Penerbit: Wonderland Publisher

Tahun terbit: 2021

Jumlah halaman: 181

ISBN : 978-623-6274-63-7

Secara tampilan buku ini cukup simple dan handy. Meski cover diwakili oleh seorang perempuan bukan berarti buku ini hanya diperuntukkan buat ibu-ibu ya. Namun siapapun bisa membaca dan belajar dari buku ngeblog dari nol. Tak hanya pemula bahkan beberapa blogger senior yang aku kenal juga mengoleksi buku ini.

Saat ku utarakan rasa penasaranku, "Koleksi buku Ngeblog Dari Nol juga Kak?" Jawaban mereka nyaris sama yakni ilmu itu perlu di refresh. Yes! Jika blogger kawakan saja dengan senang hati meminang buku ngeblog rasa workshop, bagaimana denganku yang masih pemula?

Alasan Buku Ngeblog Dari Nol Cocok Untuk Blogger Pemula


Baiklah Kawan Hamimku, agar apa yang aku ceritakan tidak terdengar omong besar maka dengan senang hati ingin aku paparkan fakta tentang isi buku ngeblog dari nol yang ditulis oleh ketua IIDN dan timnya.

Ada lima fakta dari isi buku ngeblog dari nol menurut kacamata hamimku ini cocok untuk blogger pemula, yaitu:

Pertama, Ulasannya detil tak hanya teoritis tapi sangat teknis

Buku dengan tebal 181 halaman ini layak disebut buku panduan. Lengkap, urut, dan gaya penulisan yang komunikatif membuat si pembaca seakan diajak ngobrol sama si penulis.

Sesuai dengan judul bukunya yakni Ngeblog dari nol, sebab di awal bab kita diajak menemukan big why dari ngeblognya kita. Lanjut dengan teknis membuat blog baik menggunakan platform blogspot ataupun wordpres.

Tak hanya itu, nyaris separuh dari isi buku ini juga memberi arahan bagaimana membangun konsistensi ngeblog, membuat tulisan yang menarik pembaca, hingga dilengkapi dengan contoh-contoh artikel sesuai tema yang biasanya digunakan para blogger.

Wow, daging yang empuk bukan! Padat berisi pokoknya! Makanya tidak berlebihan jika ngeblog dari nol ini buku rasa workshop! Buat kawan hamimku yang belum pernah ngeblog sama sekalipun jadi bisa bikin blog dengan panduan bikin akun blog dari buku ini.

Kedua, Ditulis oleh para blogger berpengalaman

Yes!

Tiga srikandi penyusun buku terbitan Wonderland Publisher ini bukan blogger ingusan. Mereka adalah blogger yang sudah terjun di dunia blogging dalam waktu lama.

Ada mbak Widyanti Yuliandari yang langganan menang lomba blog jadi sudah andalan, si pemilik pojokmungil mbak Alfa juga sangat ketara jika sudah senior, dan penulis ketiga adalah mbak Nunu Amir yang detil membuat langkah-langkah dalam ngeblog. 

Ditambah lagi, buku ini juga mengajak para kontributor yang merupakan blogger senior dengan niche khusus. Sebut saja Deddy Huang, blogger yang namanya nyaris wira wiri sebagai pemenang lomba blog ini memberikan ulasan pengalaman menulis niche travelling.

Nah, hal ini akan memudahkan para blogger pemula untuk mendapatkan gambaran. Mau menggunakan niche khusus atau multiniche?

Eits, akupun dulu masih gado-gado nichenya hehhee.

Alhamdulillah, di rumah hamimku ini lebih fokus karena lebih banyak membahas literasi. Jadi sering-sering mampir ya!

Ketiga, Pembahasannya runut dan prosedural

Yup!

Seperti yang aku sampaikan di awal. Bahwa selain lengkap juga runut. Bagi otak yang memiliki sisi perfect seperti aku, membaca buku ini membuat keteraturan dalam bekerja.

Setelah diajak menyelami niat dan tujuan ngeblog, berlanjut diajak bikin blog, lalu diajari bagaimana membuat konten blog, tak hanya itu para penulis juga berbagi tips dan trik lho!

Duh, ini buku yang asyik banget deh jadi panduan ngeblog mandiri. Sebab sangat practicable bangetlah! Dan sebagai orang visual, jika saja gambar yang disuguhkan lebih berwarna tentu makin kece hehe.

Keempat, sangat aplikatif

Wow!

Umumnya ya kawan hamimku, buku-buku seputar ngeblog itu banyak teorinya. Nah, di buku ngeblog dari nol ini aku menemukan hal berbeda.

Masalah umum yang sering terjadi bagi blogger pemula adalah menulis. Bagaimana bisa konsisten nulis dan menulis dengan baik. Di halaman 68 ada sebuah tabel untuk membuat kerangka tulisan. Bahkan di halaman sebelumnya, para pembaca diajak bagaimana menemukan tema yang bisa jadi bahan tulisan mereka.

Jadi, tak ada alasan tuh buntu ide buat menulis hihihi!
Alasan buku ngeblog dari nol cocok untuk blogger pemula
Kelima, dilengkapi dengan bonus blogplanner

Yuhui!

Paket lengkap bukan? Seringkalinaku mendapati pertanyaan, "Bagaimana sih cara biar konsisten ngeblog Mbak? Aku tuh sudah lama punya blog!" Serta pertanyaan serupa yang intinya bagaimana bisa komitmen dan konsisten.

Menjaga komitmen untuk konsisten ngeblog itu memang tidak mudah. Maka hadirnya blogplanner sebagai bonus dari buku ngeblog dari nol ini merupakan nilai lebih. Hal ini akan memotivasi para blogger pemula untuk terus menjaga niat ngeblognya.

Nah, itu dia lima alasan buku buku ngeblog dari nol ini sangat aku rekomendasikan untuk para blogger pemula. Sebab, kawan hamimku bisa belajar secara mandiri. Asyikkan!

Kunci Sukses Ngeblog adalah Rajin Ngulik dan Praktik

"Membangun blog adalah perjalanan panjang. Agar tidak kelelahan, sangat penting untuk mengetahui tahapan apa yang akan anda tempuh." (Halaman 81)

Jleb!

Aku makin mantap setelah membaca buku ini. Seakan tak hanya menjawab pertanyaan yang pernah berputar-putar di otakku semasa awal mulai ngeblog. Melainkan, aku tahu bagaimana menjawab orang-orang yang ingin curhat bagaimana mulai ngeblog padaku.

Tentang konsisten saat berkarier  blogger

Ini penting lho!
Memahami diri sendiri terlebih dahulu. Karena sejatinya ngeblog itu kuncinya ada pada praktik. Ikut kelas, seminar atau webinar, dan kelas sebanyak apapun jika tidak segera praktik ya sama saja bohong.

Tidak ada perubahan jika hanya jalan di tempat. Langkah setelah mendapatkan teori adalah eksekusi. Melalui buku ngeblog dari nol ini aku jadi memahami bagaimana cara merawat konsistensi. Merumuskan visi, merancang planning, menemukan keasyikan saat ngeblog, dan menyadari bahwa ngeblog itu adalah proses.

Satu hal penting yang tak boleh terlupa, tahapan untuk berkembang. Sampai kapan mau jadi pemula? Kalimat retoris ini aku dengan dari Ketua IIDN di suatu kesempatan. Dan aku menemukan makna yang sama dalam buku ini.

Intinya, jangan berharap cepat memperoleh hasil dari ngeblog jika kita tidak konsisten untuk tumbuh bersama blog kita. Yup! Sekali lagi tertampar oleh buku ngeblog dari nol nih!

Makin penasaran gak sih sama buku mungil ini? Rekomendasi buku ngeblog dari nol cocok untuk blogger pemula bahkan senior lho! Buktikan sendiri deh!

Hamimeha
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

14 komentar

  1. Alhamdulillah mrski brlum punya bukunya, aku cukup bahagia dengan ulasan ini.

    Btw aku gemashh banget sih sama loggonya, lucuuk!!

    BalasHapus
  2. alhamdulillah aku udah punya bukunya, emank isinya bagus bagus banget\

    BalasHapus
  3. Maaf, salfok.
    Blognya Hamim pake wordpress juga? Saya bingung cara beli domain di wordpress.. butuh pencerahan..

    BalasHapus
  4. bukunya bagus ya mbak, saya juga blogger pemula nih. meskipun udah lama bikin blog tapi baru bener0bener terjun ke komunitas sejak bulan kemaren ikutan WAG IIDN buat nambah ilmu

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah saya sudah punya bukunya😍

    BalasHapus
  6. saya juga lagi baca nih bukunya... menurut saya buku ini bukan cuma buat blogger pemula sih... buat blogger yg senior juga perlu baca soalnya kadang ada yg ngaku senior tapi ngga mau update nanti jadi senior kudet hihihihi..... dunia ngeblog dan nulis selalu bikin ku merasa jadi pemula ... karena kayak yg di atas langit ada langit muluuuu saban waktu hehehehehe..... thx ya mba ulasan bukunya

    BalasHapus
  7. Mau pesan bukunya masih open gak ya? Dari kemarin pingin beli terus tp belum sempat pesan.. Baca ini, jadi kepingin lagi nih..

    BalasHapus
  8. Ga smpet ikutan po bukunya jdi ga penasaran lgi setelah baca ulasan ini..
    Makasih mba hamim detail bgt reviewnya

    BalasHapus
  9. Kayak.y keren deh buku inj, seperti.y sy haru baca jg

    BalasHapus
  10. Baca ulasan dr mba hamim jadi mau beli bukunya deh
    Penasaran, apalagi blogger pemula macam saya pst membantu sekali bukunya

    BalasHapus
  11. Waaah, sepertinya daging banget nih isi bukunya 😍

    BalasHapus
  12. Wah, bukunya bagai pencerah ya mb. Recomended bgt untuk pemula.

    BalasHapus
  13. Mbak Hamim, bukunya menarik banget nih mbak, pengen baca, eh pengen punya juga, gimana caranya? Serius Mode On ya no tipu-tipu nih nanyanya

    BalasHapus
  14. Mbak Hamim, keren nih ulasannya. Pemula memang terombang-ambing ya rasanya, kudu punya panduan. Ada buku ini jadi makin konsisten nulis ya Mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar