itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WebPage'>
=Hamimku

Tips Menemukan Ide Tulisan Ala Hamimku

19 komentar
Tips menemukan ide tulisan ala hamimku

Tips menemukan ide tulisan ala Hamimku tulis berdasarkan pengalaman pribadi ya. Sebab seringkali beberapa teman dari Sobat Hamimku mengalami block writer. Oke langsung saja deh biar bisa langsung praktik.

Yuks simak ulasannya sampai habis yuk!

Apa itu ide tulisan?

Ide tulisan merupakan gabungan dari kata ide dan tulisan. Menurut KBBI, Ide atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran

; Rancangan yang tersusun di dalam pikiran; Gagasan; Cita-cita.

Contoh: ia mempunyai ide yang bagus, tetapi sukar dilaksanakan

Nah, jadi kata ide ada empat arti ya Sobat Hamimku. Bagaimana dengan arti tulisan menurut KBBI?

Menurut KBBI, tulisan memiliki arti:

1. hasil menulis; barang yang ditulis; cara menulis: dengan ~ dengan tertulis (tidak dengan lisan)

2. karangan (dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya atau yang berupa cerita, dongeng, dan sebagainya); buku-buku (karya-karya tulis dan sebagainya): aku ingin membaca ~ Chairil

3. gambaran; lukisan


4. batik (yang dibatik bukan dicetak, tentang kain)

5. suratan (nasib, takdir)
Arti ide tulisan

Wah, jadi ide tulisan adalah gagasan hasil tulisan. Sederhananya, sumber gagasan untuk mendapatkan hasil tulisan atau karangan. Ide tulisan ini akan menjadi landasan berpikir kita membuat kerangka tulisan hingga menjadi tulisan utuh.

Bagaimana cara mendapatkan ide tulisan?

Sejujurnya, aku pun masih agak moody saat menulis. Banyak sekali ide di kepala namun entah kapan eksekusinya. Sebab ide tulisan itu bisa lahir dari manapun. Gak percayakah Sobat Hamimku?

Yuks deh kita daftar dari manakah sumber ide tulisan bisa kita peroleh:

Pertama, Membaca


Eits, jangan marah dulu ya!

Karena mau tak mau jika Sobat Hamimku membaca maka pasti ada bahan untuk menulis. Sebab membaca dan menulis adalah dua sisi mata uang yang saling melengkapi.

Tipsnya agar setelah membaca mudah menuliskannya adalah pilihlah buku yang ringan dibaca, paling kamu sukai, atau buku-buku yang sesuai dengan kondisimu sekarang. Hal ini memudahkan untuk menuliskan insight yang didapat ketika membaca.

Kedua, Tontonan
Yup!
Ada yang suka nonton drakor? Atau lagi kecanduan liat movie? Ehm sekadar menikmati tayangan opera van java?

Its oke lho! Semua itu bisa jadi bahan tulisan Sobat Hamimku. Bahkan jika kamu bisa mengulik dari sisi unik film yang baru saja ditonton maka akan lebih istimewa.

Contoh beberapa waktu lalu drakor hometown cha caha atau squid game. Tulisan, yutube, bahkan media sosial ramai membahas topik yang sana.

Nah, bisa banget kan ya mereview film atau tontonan kita bisa jadi ide tulisan. Termasuk youtube sangat bisa menjadi sumber ide.

Ketiga, Lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari

Lingkungan dan daily activity kita itu sangat bisa lho jadi ide tulisan. Misal nih kayak aku sebagai emak-emak dua anak. Aktivitas bersama mereka sering kali aku jadikan ide tulisan.

Apakah tidak berisi curcolan?

Kalau curcol nya bukan sekedar mengeluh maka akan jadi manfaat bagi orang lain. Seperti curhatku tentang bagaimana membuat anak menyukai membaca sejak dini.

Ada juga aktivitas memasak, membersihkan rumah, atau hal lain yang itu sebenarnya receh tapi jika kita beri tambahan misal tips, tutorial, atau hal-hal lain yang bermanfaat bagi pembaca maka curcol nya gak sekedar curcolan biasa melainkan istimewa.

Keempat, Pekerjaaan

Aku punya teman sosok perempuan muda berdaya. Keahliannya dalam mengoperasikan powerpoint membawa dia menjadi women entrepreneur dalam produk digital. Ia juga menulis beberapa pengalaman mengisi pelatihan pot di blog personalnya.

Ada lagi, seorang teman jurusan akuntan. Ia menuliskan seputar keuangan di blognya. Jadi apa yang dia tuliskan masih berkaitan dengan pekerjaannya. Rupanya tulisan itu banyak dicari lho!

Nah, jadi apapun profesimu bisa jadi ide tulisan lho. Coba yuks!

Kelima, Masa lalu

Hwakakka, bukan bermaksud untuk mendukung tidak move on ya. Tapi masa lalu itu bisa jadi sumber ide tulisan yang inspiratif lho!

Seriusan deh!

Kata orang hujan tuh 1% genangan 99% kenangan ciyeh! Karena sering kali masa lalu dikaitkan dengan momen-momen saat hujan. Tapi tak masalah

Nah, ide tulisan masa lalu ini bisa kita remake menjadi kisah inspiratif berhikmah. Insya Allah akan bermanfaat buat para pembaca.
Tips menemukan ide tulisan

Taaraaa, jadi itulah lima tips menemukan ide tulisan ala Hamimku. Sebenarnya banyak sih sumber ide, bisa saat kita lagi jalan-jalan mampir restoran eh kok restorannya cozy dan makanannya enak. Kita bisa menjadikannya ide tulisan.

Kuncinya adalah ide tulisan itu segera direalisasikan menjadi tulisan utuh. Nah, aku merasa itu yang membutuhkan waktu yang tak singkat. Jadi, saat menemukan ide tulisan segera catat ya biar tidak lupa.

Selanjutnya buatlah outline (kerangka) tulisan. Bisa berupa ide pokok tulisan. Jadi, saat menuliskannya lebih mudah. Semoga Sobat Hamimku setelah membaca langkah sederhana yang aku bagikan ini bermanfaat ya!

Semangat menulis!
Hamimeha
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

19 komentar

  1. Paling bnyk dapat inspirasi tuh aku dari buku dan film mba.... sering juga dr kehidupan sehari2 secara aku orangnya seneng mengamati 🤭🤭

    BalasHapus
  2. Buat yang males mbaca kayak aku, nonton jadi jalan ninja ketika writers block melanda haha

    BalasHapus
  3. Wah, menarik sekali tulisannya mba.. bisa segera diaplikasikan.. 👍

    BalasHapus
  4. Salah satu cara mendapat ide menulis yang sering saya dapatkan adalah melalui pengalaman pribadi kak.

    BalasHapus
  5. Aih sukaaa banget sama poin yang Masa lalu, ahay, seringnya dapat ide dari situ soalnya hehehe

    BalasHapus
  6. kalau aku dari buku dan pekerjaan...paling cepat keluar idenya

    BalasHapus
  7. Si ide itu memang beragam ya sumbernya ya, kalau aku paling sering bersumber dari aktivitas sehari-hari. Thats simpel kok, kalau tiba tiba si ide datang buru buru amankan seat haha

    BalasHapus
  8. Biasanya sih aku dapat ide dari pengalaman sehari-hari. Interaksi dengan teman kantor, teman komunitas dan lain-lain. Tapi dari buku dan film, sering juga kok :)

    BalasHapus
  9. Hahay…ini mah aku banget 🤩
    Apa yang dilihat, dibaca, dan didengar bisa jadi inspirasi untuk menulis ya kak 😊
    Nice sharing ^^

    BalasHapus
  10. Memang sebenarnya ide bertebaran di sekeliling kita, hanya kadang kita terlalu malas untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan

    BalasHapus
  11. Hihihi, pas banget tulisannya nih mba, saya lagi gak ada ide. Ketika dicari denga nonton, koq malah tenggelam dengan nontonnya dibanding idenya ya? Haha, kurang kemauan saya nih. Terima kasih mba, tulisa nya sangat menginspirasi sekali, luv..

    BalasHapus
  12. terimakasi sharingnya kak, bisa di noted kalo lagi kehabisan ide buat nulis

    BalasHapus
  13. terima kasih idenya mbak, kadang mati ide mau nulis apa hehehe

    BalasHapus
  14. Cocok banget buatku yang suka bingung cari inspirasi menulis, nih ^^ By the way, gambar-gambarnya menarik, mbak! Aku suka! ^^

    BalasHapus
  15. Iya juga ya. Ternyata banyak hal yang bisa jadi ide tulisan.

    BalasHapus
  16. Mba hamim ilustrasinya keren, bikinnya pakai app apa mba? (Elsa mur

    BalasHapus
  17. Mba hanim, suka sekali sekali indografisnya

    BalasHapus
  18. Beneer mba, ga susah kok sebenernya mencari ide tulisan. Yg lebih susah itu konsisten untuk mulai menulis. Blogku berniche traveling dan kuliner. Jadi sebenernya semua pengalaman dan makanan yg pernah aku coba bisa banget buat ide tulisan . Tapi ya itu, mood nulisnya suka ilang timbul 🤣. Cuma aku usahain utk tetep menulis minimal 2 Minggu sekali kok. Biar tiap bulan selalu ada :)

    BalasHapus

Posting Komentar