=Hamimku

Popmama Parenting Academy 2021 Bukan Sekadar Selebrasi

42 komentar
Popmama parenting academy 2021

Apa kabar kawan Hamimku?

Semoga dalam kondisi sehat ya. Tidak terasa jika menjelang pergantian tahun. Bagaimana kabar resolusi 2021? Sudah terwujudkah? Atau sudah punya rencana menutup akhir tahun dengan aktivitas apa?

Nah, kali ini Hamimku ingin mengulas salah satu acara yang recomended untuk para calon orang tua, orang tua baru, maupun yang telah lama menjadi orang tua. Acara yang diselenggarakan tiap tahun ini akan menambah literasi pengetahuan Kawan Hamimku seputar parenting lho!

Acaranya unik, memadukan sisi edukasi dan hiburan serta digelar tak hanya sehari melainkan berhari-hari. Bahkan kabarnya, tahun ini diagendakan hingga satu bulan penuh mulai tanggal 1-31 Desember 2021. Tak hanya webinar namun bertabur apresiasi.

"Ah, ini apa bedanya dengan ajang panggung apresiasi pada umumnya?"

Nah, itulah mengapa perlunya mengenal lebih dekat tentang acara ini yuks. Acara apaan sih? Popmama parenting academy 2021 bukan sekadar selebrasi, kepoin yuks!

Lima Fakta Popmama Parenting Academy


Pertama, Popmama Parenting Academy adalah bagian dari popmama.com

Yup! Popmama Parenting Academy (POPAC) merupakan acara spesial dari popmama.com. POPAC hadir dalam rangka menjadikan tempat belajar bagi para keluarga muda Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan anak-anak mereka.


Popmama Parenting Academy pertama kali diadakan pada Oktober 2019 di Summarecon Mall Serpong. Namun dikarenakan pandemi POPAC tahun selanjutnya dilakukan secara virtual dengan membawa semangat yang sama yakni sebagai tempat belajar bagi orang tua.

Bahkan di event online pun, keseruan POPAC 20 masih terlihat meriah. Dengan serangkaian acara yang beragam.

Kedua, POPAC tidak hanya untuk mama

Nah, perlu diketahui oleh Kawan Hamimku bahwa popmama.com meski lebih identik dengan kata "mama". Sejatinya juga diperuntukkan untuk kedua orang tua.

Di tahun 2019, terlihat para papa juga hadir memeriahkan dengan kompak bersama keluarganya. Artinya, Popmama Parenting Academy terbuka untuk mama dan papa yang ingin belajar seputar parenting dan ingin menjadi orang tua yang lebih baik.

Pun buat para calon orang tua juga ya, sangat boleh mengikuti agenda ini.

Ketiga, Mengupas berbagai hal seputar parenting langsung dengan ahlinya

Sandra Ratnasari, Editor-in-Chief Popmama.com, “Narasumber di Popmama Parenting Academy ini adalah orang-orang yang ahli di bidangnya dan sudah memiliki pengalaman yang bisa dibagikan kepada keluarga milenial yang baru memulai perjalanannya sebagai orangtua. Diharapkan, dengan ikut acara ini, mereka bisa menjadi orangtua terbaik untuk generasi masa depan Indonesia."
Wow two thumbs up atas keseriusan POPAC dari popmama.com ini. Seharusnya Kawan Hamimku bersyukur dengan hadirnya popmama parenting academy ini sebagai tempat belajar paket lengkap.

Materi seminar/webinar, kelas/kulwap, maupun workshop dirancang sedemikian rupa mengikuti kebutuhan para orang tua. Pun dengan para narasumber yang hadir.

Baik POPAC 2019 maupun POPAC 2020, topik yang diangkat sangat relevan dengan kondisi kekinian. Kabarnya, di Popmama parenting Academy 2021 ini akan ada peluncuran buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi.

Duh, jelas sekali bahwa popmama.com memilik concern yang besar kepada para orang tua era saat ini. 
Layak jika di tahun 2019 popmama.com mendapat penghargaan sebagai media online media parenting no. 1 di Indonesia (berdasarkan peringkat comScore terakhir kala itu)

Keempat, Serangkaian acara bukan sekadar selebrasi
Popmama parenting academy bukan sekadar selebrasi
Eits, ini dia yang ingin aku tekankan Kawan Hamimku. Meski puncak serangkaian kemeriahan POPAC adalah panggung apresiasi. Akan tetapi, serangkai acara dari awal hingga akhir adalah disesuaikan dengan kebutuhan orang tua.

Pemilihan programpun disusun berdasarkan analisa survey internal Popmama.com. Acaranya dirancang memadukan antara sisi edukatif dan hiburan. Menarik bukan?

Adanya agenda Popmama Little Star pun dalam rangka membantu orang tua untuk mengasah kemampuan anak, ada juga talkshow, sharing session, workshop, dan kelas parenting untuk keluarga milenial yang dibawakan oleh narasumber dari berbagai latar belakang, seperti artis, wirausahawan, psikolog, dokter anak dan masih banyak lagi.

Bahkan di tahun ini, ada community award. Sebuah perwujudan tagline "parents support parents". Sebab besarnya peran komunitas untuk saling menguatkan dan memberi energi positif antar orang tua sehingga lebih tumbuh sebagai orang tua bahagia.

Jadi,  Popmama Parenting Academy bukan sekadar selebrasi, tapi serangkaian acara yang full manfaat. Makanya wajib ikut ya!

Kelima, Popmama Parengting Academy 2021 bukan yang pertama.

FYI, Popmama.com diluncurkan oleh IDN Media pada bulan Februari 2018. Hadirnya Popmama.com mengukuhkan komitmen IDN Media untuk menjadi The Voice for Millennials and Gen Z di Indonesia. Popmama.com adalah sebuah media online yang menyajikan ragam informasi parenting untuk Millennial Mama di Indonesia.

Pasalnya, sebelum hadir popmama parenting academy seperti saat ini. Di tahun 2018 telah berlangsung popmama expo pertama kalinya. Adapun acaranya berupa bazar dan panggung pencarian bakat. Di tahun 2019, tak ada lagi popmama expo melainkan hadir popmama academy dengan serangkaian acara yang lebih lengkap.

Khasnya, acara popmama parenting academy sejak bernama popmama expo selalu dilakukan lebih dari satu hari. Dengan serangkaian acara yang edukatif dan menarik. Keren ya!
Jadi, popmama parenting academy 2021 ini adalah penyelenggaraan yang ketiga dengan mengangkat tema "parents support parents". Tak hanya dilaksanakan dalam beberapa hari, kali ini POPAC21 berlangsung selama satu bulan lho!
Wow banget nih! Nah kan masih ragu buat ikutan?

Masih perlu dijabarkan lagi manfaatnya? Oke cuss ulasan di bawah ini!

Segudang Manfaat Adanya Popmama Parenting Academy

1. Menambah wawasan seputar parenting

2. Belajar langsung ke ahlinya

3. Memiliki circle positif dengan para orang tua lainnya

4. Terpacu untuk terus menjadi orang tua yang bisa memandu anak-anak menemukan minat dan bakat mereka

5. Membangun kekompakan antar anggota keluarga

6. Having fun

7. Menumbuhkan sikap peduli khususnya selama pandemi

dan manfaat lainnya yang bisa jadi setiap masing-masing individu mendapatkan insight yang berbeda ketika menghadiri acara popmama parenting.

Bahkan sebelum Popmama Parenting Academy 2021 kali ini berlangsung, ada serangkaian pra-  acara virtual yakni popmama talk melalui IG LIVE di popmama_com. Wah menarik sekali bukan kawan Hamimku!

Acara yang digodok serius dan disajikan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para orang tua milenial tentunya. Sebuah bukti nyata bahwa Popmama Parenting Academy 2021 bukan sekedar selebrasi.

Wah yuk kita intip keseruan popmama parenting academy 2021 yuks!

Keseruan 30 Hari di Popmama Parenting Academy 2021

Tara! Gak sabar ya apa saja sih yang ada di 31 hari Popmama Parenting Academy 2021 nanti? Fyi, bahwa sebelum berlangsungnya agenda POPAC 2021 ini pun telah diadakan serangkaian acara road to lho berupa popmama talk di IG Live.

Sedangkan agenda utama di POPAC 2021 ada lima item besar yakni:

1. Serangkaian webinar

Sebagaimana aku tuliskan sebelumnya bahwa tujuan adanya POPAC ini adalah dalam rangka tempat belajar bagi para orang tua. Maka, webinar inilah sarananya. Dengan narasumber yang ahli dibidangnya.

2. Kuliah Whatsapp

Pasti tidak asing bukan dengan istilah kulwap atau kuliah whatsapp. Dirancang seperti kelas dalam bentuk grup whatsapp sehingga peserta bisa lebih interaktif dalam jangka waktu yang lama.

Menarik bukan?

3. Content Series


Duh bakalan menarik ini, sebab di dua kali POPAC sebelumnya belum ada nih!

4. Community award

Banyak yang baru nih di POPAC 2021, termasuk Community Awards ini. Acara ini adalah ajang penghargaan komunitas dari Popmama.com di acara POPAC 2021. Acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat.

Ada dua kategori dalam Community Awards nanti yakni Educative Community Award yang ditujukan untuk komunitas yang paling mendidik. Dan Supportive Community yang ditujukan untuk komunitas paling suportif.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka POPAC 2021 yang tahun ini mengambil tema "Parents Support Parents”.

5. Popmama Little Star

Dalam rangka mengasah bakat anak di POPAC 21 masih menghadirkan Popmama Little Star 2021. Acara ini ditujukan untuk mendorong orang tua mengetahui minat atau bakat apa yang dimiliki oleh anak.

Bagi anak, acara ini akan membantu mereka menemukan dan mengasah minat atau bakatnya. Selain itu, menumbuhkan rasa percaya diri dan berani. Wah, bakalan seru untuk mengetahui minat bakat generasi unggul masa depan bangsa ya Kawan Hamimku!

Kabar baiknya, selain lima agenda di atas. Popmama Parenting Academy 2021 kali ini lebih istimewa lagi dengan dua acara yang tak kalah full manfaatnya. Apakah itu?
Wujud nyata parenting academy 2021

a. Popmama.com Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19

Popmama parenting academy 2021 kali ini adalah perayaan kedua secara virtual dengan situasi masih pandemi. Bersamaan dengan itu, sesuai dengan tema yang diangkat yakni "parent support parents", popmama.com berinisiasi membuat program bantu anak yatim/piatu akibat covid-19.

Aku rasa ini langkah bijak dari popmama.com sebab kita tahu pandemi cukup banyak merenggut  nyawa dan tidak sedikit anak-anak yang menjadi yatim/piatu. Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Harapannya dengan program penggalangan dana ini berharap para orang tua bisa saling mendukung satu sama lain untuk menjaga generasi anak Indonesia yang harus tumbuh di tengah situasi pandemik.

b. Peluncuran buku panduan pengasuhan generasi pandemi

Jujur aku excited sekali dengan kabar ini. Sebagai salah satu orang tua yang melahirkan di kala pandemi di awal tahun pertama kali masuk Indonesia.

Aku merasakan betul kebingungan atas kondisi yang ada. Saat itu rasanya belum siap dengan situasi new normal. Dan aku berpikir, jika orang dewasa saja merasa tak siap bagaimana dengan anak-anaknya.

Aku berpikir jika ini langkah cerdas dari popmama.com untuk terus membersamai para orang tua Indonesia dalam mendidik generasi Indonesia di masa depan yang lebih baik.

Dan kabar menggembirakan lagi adalah buku dengan format e-book ini bisa didownload dari website Popmama.com secara gratis. Masya Allah ya Kawan Hamimku!

Serius, aku merasakan bahwa tagline "parents support parents" dalam popmama parenting academy 2021 ini terbukti dan berwujud.

Lalu masihkah ada pertanyaan, pentingkah mengikuti popmama parenting academy 2021?

Pentingkah mengikuti popmama parenting academy 2021?

Berbicara kepentingan maka kita akan dibenturkan dengan kebutuhan. Yang perlu diingat adalah menjadi orang tua tidak ada sekolahnya. Sedangkan, mendidik dan mengasuh anak itu perlu bekal, perlu ilmu.
Pentingkah mengikuti POPAC 2021

Walaupun tak dipraktekkan saat ini juga maka bisa diterapkan di lain kesempatan. Tak ada ilmu yang sia-sia. Dan yang lebih penting adalah teman seperjuangan.

Di masa pandemi saat ini, nyaris semua bidang dan kalangan terdampak. Tak terkecuali keluarga khususnya para para orang tua. Inilah ide brilian yang aku tangkap dari tagline Popmama Parenting Academy 2021 yakni "Parents Support Parents".

Sebab aku merasakan betul, bagaimana merasakan hamil hingga melahirkan di masa pandemi. Mulai dari proses pemeriksaan rutin hingga melahirkan aku sangat butuh dukungan tak hanya materi melainkan mental. Hadirnya support dari orang sekitar dan sesama yang menjalankan peran sebagai orang tua khususnya ibu menjadi penguat.

Memotivasi kita untuk bangkit bahwa kita tak berjuang sendiri. Membangun lagi budaya bahu membahu untuk menumbuhkan rasa peduli antar orang tua. Sekali lagi khususnya aku sebagai seorang ibu. Termasuk edukasi seputar parenting yang terpercaya, ini poin yang tak kalah penting. Sebab selama pandemi hoax seakan merajalela.

Popmama Parenting Academy 2021 wujud nyata dukungan popmama untuk orang tua di kala pandemi. Bukanlah hisapan jempol belaka jika popmama.com memang hadir untuk menjadi support system yang kuat bagi orang tua.

Mulai dari menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan, terhits untuk millennial mama di Indonesia. Serta melalui komunitas popmama.com hadir sebagai teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik, serta saling dukung. 

Aku bersyukur telah lama bergabung dengan popmama community Surabaya melalui WA Group. Hingga terselenggaranya popmama parenting academy dari tahun ke tahun. Fakta adanya serangkaian acara dari POPAC 2021 mulai dari pra-acara membuktikan bahwa Popmama Parenting Academi 2021 bukan sekadar selebrasi. 

Yuks terus bertumbuh menjadi orang tua yang lebih baik untuk generasi masa depan bangsa lebih baik pula bersama popmama.com. Semangat parents!
Hamimeha
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

42 komentar

  1. "Sebagaimana aku tuliskan sebelumnya bahwa tujuan adanya POPAC ini adalah dalam rangka tempat belajar bagi para orang tua."

    Wah menarik banget ketika baca pernyataan ini, makin tertarik dengan event ini. Moga nanti di agenda berikutnya bisa bergabung ke acara ini ya.

    BalasHapus
  2. Sekarang bukan hanya anak-anak atau remaja saja yang ada sekolahnya, Ibu-ibu pun juga ada. Semoga dengan adanya program POPAC dapat memotivasi Orang tua untuk tidak berhenti belajar

    BalasHapus
  3. aku nggak sabar juga buat ikutan acara popmama parenting academy ini soalnya jadi pengetahuan baru buat calon ayah kan kak.

    BalasHapus
  4. betul mb, bersyukur banget tahu informasi tentang popmama ini, apalagi even popmama parenting academynta, pengen ikutan :D

    BalasHapus
  5. Saya tertarik dg buku panduan pengasuhan anak di masa pandemi. Jujur kewalahan membimbing anak selama pandemi.

    BalasHapus
  6. Kak hamim baby produk pandemi? Keren banget deh, nggak kebayang proses lahiran sampai kontrol dll di masa pandemi. Beruntung memang era sekarang ada support system ya, nggak peduli jarak juga, bisa via online pula. Kaya event popmama parenting academy ini, ngga sabar buat ikutin rangkaian eventnya terutama webinar tuh ;)

    BalasHapus
  7. Setelah baca artikel ini aku jadi paham popac ini bisa buat semua kalangan ya mba, hehe kirain hanya buat ibu2 saja. Tapi benar lho ilmu parenting ini penting buat calon ibu yang nantinya akan memiliki informasi banyak terkait parenting...

    BalasHapus
  8. Saya juga berpikir pasti popmama diperuntukkan untuk orang tua yang artinya dengan ayah pula. Tapi entah kenapa suami rada enggan sama wadah edukasi untuk orang tua seperti ini. Padahal ilmu bermanfaat seperti ini bukan hanya ibu yang harus tahu ya.

    BalasHapus
  9. Wah memang adanya komunitas saling support yang sekaligus memberikan manfaat seperti ini luar biasa ya. Semoga para bapak juga mau ikutan acara semacam ini karena mendidik anak tugas para bapak juga.

    BalasHapus
  10. menjadi orangtua sekarang dipermudah sekali ya dan di support banyak pihak, salah satunya oleh pop mama. aku pernah ikutan lomba blognya dulu tapi belum pernah ikut kelasnya, tapi artikel artikelnya aku sering baca

    BalasHapus
  11. Masya Allah rangkaian acara popmama parenting academy ini bagus sekali ya mbak, saya sebagai calon mama jadi tertarik. Apalagi banyak ilmu yang dipetik

    BalasHapus
  12. ahhhh save save save nih info seputar komunitas parenting ini, pasti bakal bermanfaat banget kelak kalau udh nikah dan punya momongan

    BalasHapus
  13. "Sekolah orangtua" adalah yang saya (atau bahkan banyak orangtua lain) butuhkan saat ini.
    Karena menjadi orangtua tidak ada sekolah formalnya seperti profesi lain, padahal menjadi orangtua butuh ilmu..

    BalasHapus
  14. sebagai ibu -ibu, penting banget ya ikut acara ini ..pasti seru banget plus bonu nambah ilmu

    BalasHapus
  15. Beberapa kali pernah nyasari di website popmama saat googling sesuatu. Beberapa artikel yg saya baca di websitenya cukup bagus. Ternyata bentar lagi popmama bakal ngadain acara Popmama Parenting Academy 2021, dilihat dari penjelasan di blog ini, acaranya cukup bervariasi dan pastinya sangat positif.

    BalasHapus
  16. ini acara yg wajib banget diikuti kaum emak-emak yaa, tapi untuk yg masih single seperti saya juga bisa ikutan yaa biar bisa tahu tips and trik parenting sejak dini

    BalasHapus
  17. Jadi tertarik ingin ikut acaranya. Pastinya seru banget nih.

    BalasHapus
  18. Mantap, Mbak! Ulasannya lengkap puoool, jadi makin tertarik buat ikutan rangkaian acara Popmama Parenting Academy ini ^^

    BalasHapus
  19. Acara penting dan wajib hadir nih. Penting banget buat semua orang tua untuk melek dengan berbagai ilmu parenting. Makasih mba ulasannya bagus banget ❤

    BalasHapus
  20. Kalau udah menyangkut pendidikan apalagi untuk mengurus anak memang ngga boleh main2 ya mba. Harus ada ilmu pengetahuannya salah satunya belajar parenting di PopmamašŸ¤©

    BalasHapus
  21. Untuk orang tua maupun calon orang tua, ilmu parenting ini berguna banget yaa. Jadi pengen ikutan kegiatan kaya gini juga deh.

    BalasHapus
  22. Aku baru tahu informasi tentang Popmama Academy Parenting ini, padahal udah berkali-kali diadakan ya?
    Menarik sekali nih acaranya, support sistem parent yang terbukti sesuai zamannya ya ini.

    BalasHapus
  23. Seru banget acaranya, sayang banget aku baru tau huhuhu padahal bagus banget sebagai media belajar orangtua baru maupun lama buat upgrade wawasan

    BalasHapus
  24. terimakasih sudah berbagi kegiatan yg sangat menarik ini, saya ingin ikut. semoga tahun depan adalagi dan untuk membekali saya yang nantinya juga akan menjadi orang tua aamiin

    BalasHapus
  25. Seru sekali agenda acara POPAC 2021 ini. Semoga tahun depan bumi kita sudah terbebas dari virus, sehingga bisa dilaksanakan secara offline.

    BalasHapus
  26. Wah kebayang serunya satu bulan full acaranya berlangsung. Semoga jadi semakin banyak ortu yang mendapatkan support tentang pengasuhan

    BalasHapus
  27. Seru banget ya Popmama Popac 2021 ini. Ada acara buat mama dan ada juga buat anak, lengkap!

    BalasHapus
  28. Popmama Parenting Academy 2021 ajang pembelajaran bagi orangtua, kompetisi talenta anak, dan ajang blog kompetisi. Semuanya pasti seru.

    BalasHapus
  29. Wah, ternyata manfaatnya banyak bangetya dengan mengikuti acara popac 2021 ini.. Harus psang alarm agar tidak ketinggalan acaranya nih..
    Makasih informasinya mba :D

    BalasHapus
  30. cuuus ikutan POPAC 2021. acara ini memang sangat bermanfaat untuk semua yang cere sama parenting ngga cuma buat mama mama milenial aja ya mba hamim....

    BalasHapus
  31. Suka dengan kelimat, "Walaupun tak dipraktekkan saat ini juga maka bisa diterapkan di lain kesempatan. Tak ada ilmu yang sia-sia. Dan yang lebih penting adalah teman seperjuangan."
    Artikel yang bagus sekali mbak hamim

    BalasHapus
  32. Kebayang banget serunya kalau bisa ikutan full acara Popac 2021, semoga tahun depan ada lagi dan bisa ikutan. Popmama kereen.

    BalasHapus
  33. programnya banyak banget ya pop mama parenting academy. sayang kalau dilewatkan. langsung tulis di jadwal biar bisa ikut semua.

    BalasHapus
  34. Acaranya banyak keren-keren lagi, pengen ikut semua

    BalasHapus
  35. benar banget nih, POPAC 2021 kelas untuk orangtua belajar ilmu parenting, gak cuma Mama aja doong yang sibuk belajar, para Papa juga harus ikut belajar biar bisa sama-sama terapin ke keluarga ilmu yang didapat :)

    BalasHapus
  36. Popmama itu selalu memberikan info menarik seputar parenting, kehamilan dan lainnya. Saya juga sering buka websitenya. Terus sekarang ada acara POPAC 2021 yang bisa kita ikuti untuk menambah wawasan dan ilmu seputar parenting.

    BalasHapus
  37. Wah ini acaranya sebulan penuh yaa? Manteppp banget. Baru baca ulasannya aja udah kebayang ini acara yang bermanfaat banget. Apalagi klo bisa gabung langsung di popmama academy 2021 ya.

    BalasHapus
  38. betul, aku juga sepakat kalau acara ini bukan hanya selebrasi saja tapi kita juga bisa dapat ilmu baru selama satu bulan penuh.

    BalasHapus
  39. Acara yang penting dan wajib banget diikuti oleh para orang tua, nggak hanya oleh para ibu tapi juga ayah wajib ikutan. Kita bakalan dapat banyak manfaat dengan ikutan acara ini. Keren...

    BalasHapus
  40. Wah sudah gabung di popmama community ya Mbak, daku belum nih.
    Senang ya acara POPAC banyak dan bisa nambah ilmu yang bermanfaat untuk keluarga.

    BalasHapus
  41. Popac ini salah satu acara Parenting yg slalu dinanti tiap tahun ya Mba, seru dan informatif bgt.
    otw download bukunya dah buat persiapan lahiran nanti

    BalasHapus
  42. Baru kali ini aku tahu ada parenting academy yang lamanya sampai satu bulan penuh di bulan Desember. Kegiatan bagus yang memadukan sisi edukasi dan hiburan serta digelar ngak cuma webinar namun banyak apresiasi diberikan.

    BalasHapus

Posting Komentar