=Hamimku

Tempat Favorit Menemukan Ide Tulisan, Inspiratif!

9 komentar

"Dengan kartu perpustakaan umum di tangan, kamu memiliki akses ke internet dan dunia peluang." - Bill Gates

Aku membayangkan sosok Bill Gates saat menyampaikan quote ini, pasti dia tahu dimana anak manusia mengetahui bisa menghimpun ilmu. Ya, perpustakaan.

Tempat dimana ilmu dihimpun melalui tumpukan buku dengan kekuatan kata di dalamnya. Ya, bagiku perpustakaan adalah tempat favorit menemukan ide tulisan. Tak hanya tulisan, aku merasa nyaman saat melihat tumpukan buku dan mencium aroma buku.

Ya, memang terdengar aneh. Tapi aku suka!

Kenanganku dengan Perpustakaan!

Sejujurnya, jika ditanya apakah ada tempat favorit aku tak bisa menjawab. Sebab aku mencintai suasana alam. Tapi karena tempat aku tinggal sejak kecil hingga kini tak menyuguhkan pesona alam. Maka pilihanku adalah bibir laut, pantai.

Sejak menginjakkan kaki di Kota Pahlawan. Suasana alam yang cukup bisa menghempas rasa lelahku adalah mengantar senja berpulang. Selain itu, perpustakaan.

Jika flashback ke belakang, bisa dibilang sepanjang aku mengenyam bangku sekolah perpustakaan bisa menjadi tujuan keduaku setelah kelas. Aku bukan tipe anak yang suka duduk di area plaza kampus atau nongkrong di kantin.

Perpustakaan selalu menjadi tempatku menenggelamkan diri. Sejak sekolah dasar, bisa dibilang aku adalah murid yang paling rajin pinjam buku hwakaka.

Ya, karena di masa itu bagiku membeli buku bacaan adalah barang mewah. Maka satu-satunya cara bisa membaca buku tanpa harus beli buku (selain buku pelajaran ) adalah perpustakaan. Berlanjut ketika berada di bangku sekolah menengah bahkan kuliah.

Perpustakaan adalah tempat ternyaman untukku. Meski aku berkarakter sanguinis, tapi itu tak membuatku berpindah mencintai suasana tenang. Deretan buku-buku yang kulalui saat memburu judul yang ingin kubaca membuatku bahagia.

Tak bisa dilukiskan, jika pun bisa seperti mendengar berisik air dan gesekan daun di alam. Ya, semacam itu tampak sangat sentimentil ya Kawan Hamimku!

Tapi bagiku ini adalah cara jitu untuk mendapatkan ide saat keinginan untuk menulis buntu atau writers block. Apakah hanya perpustakaan sebagai tempat favorit mendapat ide menulis?

Rekomendasi Tempat Favorit Menemukan Ide Tulisan

Oke Kawan Hamimku, jadi sebenarnya bicara tempat favorit tiap orang bisa berbeda-beda. Sebab banyak faktor yang membuat suatu tempat dijadikan favorit bagi seseorang. Misal masa lalu, ada kenangan yang berkesan, suasana, ataupun tempat yang bisa membangun mood dan emosionalmu.


Oke, ada tiga tempat favorit menemukan ide tulisan versi hamimku nih:

Pertama, tempat yang menyimpan memori masa lalu atau memorable.Misal kayak aku nih, perpustakaan itu suatu tempat yang membangun memoriku akan masa lalu.

Selain banyaknya buku sebagai gudang ide saat kita mau membaca. Aku sendiri sejak merantau punya tempat khusus untuk kujadikan pojok buku. Dan ketika sudah berumah tangga, aku punya area khusus untuk menempatkan buku-buku untuk meletakkan buku yang aku koleksi.


Saat lagi sumpek misalnya, aku sering duduk di area tersebut memandangi deretan judul buku lalu mengambil salah satu buku kemudian membacanya. Nah ternyata, cukup membuat kesumpekan ku reda juga bisa menjadi sarana menemukan ide menulis. Gitu sih!

Kedua, tempat yang bisa menyentuh empati kita.

Nah, aku biasanya sih menyusuri jalanan. Dulu, semasa single ketika perasaanku gak karuan aku biasanya suka menyusuri jalanan.

Ketika aku diperjalanan maka banyak aku temukan beragam suasana, kondisi, dan banyak hal yang membuat kita menjadi sebuah koreksi dalam diri kita.

Misal, saat di lampu merah bertemu dengan anak-anak menjajakan koran. Nah, biasanya pemandangan seperti ini cukup emosional. Sehingga bisa meningkatkan empati kita.

Ketiga, tempat yang meningkatkan hormon endorfin

Yup, siapa yang tak tahu apa peran hormon dari senyawa kimia neuropeptida opioid lokal dan hormon peptida ini? Endorfin adalah salah satu hormon diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari pada saat manusia merasa bahagia dan mendapat istirahat yang cukup.

Peran hormon endorfin ini membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Nah, coba Kawan Hamimku bisa mengingat-ingat kembali tempat yang meningkatkan hormon endorfin ini.

Kalau aku ya, duduk di bibir pantai ketika senja. Ini adalah tempat yang bisa meningkatkan hormon endorfin dalam diriku. Aku happy jika bisa duduk di sana meski hanya sekadar duduk.

Untuk kawan hamimku bisa membuat kriteria tempat favorit sendiri juga sih untuk menemukan ide tulisan.

Nah, itu dia curhatan dari aku tentang tempat favorit menemukan ide tulisan versi aku. Semoga bermanfaat!

Tempat favorit menemukan ide tulisan

Hamimeha
Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●

Related Posts

9 komentar

  1. Haha, kalau orang bilang ide sering mengalir kalau lagi di toilet aku "mengamini" sebab kadang tercetus ide tulisan pas lagi bengong poop ops hwhw. Cuma, berhubung peralatan nulisku ada di toko, tetep aja ngetiknya sambil kerja. Kadang keskip ada orang yang datang dan mau beli sesuatu. Awal-awal kagok, tapi lama-lama terbiasa.

    Ngomongin perpustakaan, kangen juga main ke perpustakaan provinsi di sini. Terakhir ke sana kayaknya pas masih SMA >.<

    BalasHapus
  2. aku punya kenangan indah dg Perpus SMA. Perpus di lt 2 dg jendela besar mengarah ke teras depan ruang kelas gebetan! wkwkw...

    BalasHapus
  3. Berhubung saya lebih banyak menghabiskan waktunya di bioskop, terkadang ide menulis terlintas saat menunggu di lorong bioskop sebelum film dimulai. Atau setelah selesai nonton sambil jalan. Nah, agar nggak lupa biasanya saya langsung catat di notes hape, atau rekam audio saja.

    BalasHapus
  4. Betchul sekali mbak Hamim, saya setuju banget sama poin ketiga : tempat yang bisa membangkitkan hormon endorfin.
    Semenjak jadi Ibu dua anak, agak kesusahan menemukan tempat tersebut. Padahal waktu masih single, bebas aja mau ke perpustakaan sama 'laut'.
    Artikel mbak Hamim membuat saya mikir nih, dimana tempat yang bisa menumbuhkan hormon endorfin haha.

    BalasHapus
  5. perpustakaan juga menjadi tempat spesial untuk saya, apalagi saat masih sekolah dulu. biasanya, kalo gak ada guru, dibanding ngumpul dan ngobrol-ngobrol bareng teman, saya memilih ke perpustakaan untuk baca buku

    BalasHapus
  6. Aku si paling seneng dirumah.
    Hehhee, etapi sesekali sengaja nongki di cafe juga sih.. sendiri.

    Memang memandangi apa yang disekitar kita dengan segala lautan pemikiran yang terlintas setelahnya, membuat ide tulisan lancar dan mengalir. Kondisi aktual yang kita lihat, bisa membuat tulisan yang kita bikin menjadi lebih menjiwai dan tydack monoton, seperti rumus fisika atau kimia.

    BalasHapus
  7. Aku biasa menggunakan cara yang kedua sih untuk bisa menemukan ide tulisan, rasanya enak banget, menulis jadi lancar tanpa ada halangan. Apalagi kalau misalnya hal tersebut pernah kita lakukan sendiri, duh nulis udah kayak gak mikir panjang lebar lagi.

    BalasHapus
  8. kalau aku malah pas lagi naik motor mbak idenya muncul. jadinya ya suka kesal soalnya nggak bisa langsung ditulis. hihi. kalau untuk tempat khusus kayaknya aku jarang sih punya tempat khusus buat nyari ide menulis

    BalasHapus
  9. wah tempat favoritku menulis di mana ya.. sepertinya so far masih di rumah ibuku deh, entah kenapa kalau di situ suka ngalir ide ide baru
    nah masalahnya aku kan ke rumah ibu sebulan sekali bahkan 2 bulan sekali jadi ya aku harus cari tempat baru!

    BalasHapus

Posting Komentar